Kamis, 26 Maret 2015

ARTIKEL POTENSI ZAKAT KABUPATEN PURWOREJO

Assalamu’alaikum wr wb
Seagala puji bagi Allah tuhan semesta alam, yang telah menciptakan manusia dari saripati tanah, kemudian dijadikan oleh-Nya sebagai seorang khalifah di muka bumi ini. Shalawat serta salam semoga selalau Allah curahkan kepada junjungan nabi besar kita yaitu baginda Rasulullahi solallahu ‘alaihi wasalam yang telah menuntun manusia kejalan yang lurus yaitu jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.
Dalam artikel singkat ini saya mencoba menguraikan mengenai pengelolaan zakat dari penghimpunan sampai proses penyaluran pada masyarakat dari DKM Masjid tempat saya tinggal, yaitu daerah Purworejo.
Secara Nasional, potensi zakat di negeri ini belum digarap secara optimal. Bahkan, beberapa pengamat ekonomi islam mengatakan potensi zakat di Indonesia masih terlantar. Menurut saya pun memang sulit untuk memaksimalkan zakat di Indonesia. Padahal kalau boleh saya berangan-angan, jika potensi zakat itu bisa ditarik maksimal, maka dapat dipastikan bisa menjadi solusi alternative penanggulangan kemiskinan di Indonesia pada umumnya.
Persoalanya untuk memaksimalkan zakat di Indonesia memang bisa dikatakan sangat sulit, tapi bagaimanapun zakat itu harus digarap. Untuk bisa mengoptimalkan itu memang diperlukan adanya lembaga-lembaga yang bisa menampung dan menyalurkan zakat secara tepat dan baik.
Potensi zakat memang masih terpinggirkan di daerah saya yaitu kabupaten Purworejo padahal dana tersebut bisa dimanfaatkan untuk membantu mensejahterakan kaum dhuafa di daerah saya bila dikelola secara professional. Untuk itu, seharusnya seluruh elemen pemerintah dari desa sampai ke kabupaten bahu-membahu melakukan gerakan sadar zakat produktif.
Bagi daerah Purworejo, di era otonomi daerah khususnya seperti sekarang ini, semestinya diperlukan adanya peran lembaga-lembaga nonpemerintah untuk mengumpulkan zakat itu. Selama ini di daerah Purworejo belum banyak lembaga bukan pemerintah seperti LSM yang bergerak untuk menangani zakat. Mungkin pengalaman atau kiat sejumlah LSM di luar Purworejo yang selama ini  menggarap potensi zakat, bisa juga ditiru untuk mengoptimalkan penggarapan potensi zakat di Purworejo.
Hasil wawancara saya kemarin dengan salah satu pengurus masjid sangat jelas bahwa pemberdayaan dana zakat belum terlalu optimal dari segi apapun, tapi saya juga kagum dengan kesadaran masyarakat setempat tempat saya tinggal, bahwa mereka membayar zakat atas dasar kesadaran berbagi antar sesama masyarakat di daerah setempat tersebut, dan pengelolaannya pun atas dasar kebersamaan dan kepercayaan. Akan tetapi penggarapan pengelolaan zakat masih sangat sederhana, memang selama ini bisa dikatakan sudah cukup membantu dan dirasakan oleh masyarakat setempat, tapa saya yakin dengan pengelolaan yang professional bisa lebih dapat dirasakan bahkan bisa mengentaskan kemiskinan di daerah setempat bahkan di daerah sekitarnya.
Terlepas dari keyakinan saya atas kesempurnaan artikel yang saya buat ini, sebagai makhluk yang sebenarnya jauh dari sempurna, saya tetap menanti kritik dan saran yang membangun demi sempurnanya artikel ini.

Wa alaikum salam wr wb.

0 komentar:

Posting Komentar